Anda butuh RPP ? silahkan lihat dan download di bawah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester
: XI / Ganjil
Materi
Pokok : Pembentukan
kelompok sosial
Alokasi
Waktu : 5 Minggu x 4
Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati
dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional”.
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
3.1
Memahami pengelompokan sosial di
masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis. |
· Memahami proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat · Mengidentifikasi
dari berbagai sumber informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial
dalam masyarakat · Menumbuhkan
rasa ingin tahu tentang proses pembentukan
kelompok sosial dan
mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada
praktik pengetahuan untuk menumbuhkan
sikap religiositas dan etika sosial · Mengidentifikasi
data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar dari berbagai
macam sumber |
4.1
Menalar tentang terjadinya
pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan
Sosiologi. |
· Mengumpulkan
data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar dari berbagai
macam sumber · Menganalisis
data agar dapat mengklasifikasi ragam pengelompokkan sosial di masyarakat
sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokkan untuk menanamkan sikap
kesadaran diri dan tanggung jawab publik · Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi , peserta didik
diharapkan dapat:
·
Memahami proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat dengan jelas.
·
Mengidentifikasi
dari berbagai sumber informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial dalam
masyarakat secara benar.
·
Menumbuhkan
rasa ingin tahu tentang proses pembentukan
kelompok sosial dan
mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada
praktik pengetahuan untuk menumbuhkan
sikap religiositas dan etika sosial secara
benar.
·
Mengidentifikasi
data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar dari berbagai
macam sumber dengan teliti.
·
Mengumpulkan
data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar dari berbagai macam
sumber yang jelas.
·
Menganalisis
data agar dapat mengklasifikasi ragam pengelompokkan sosial di masyarakat
sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokkan untuk menanamkan sikap
kesadaran diri dan tanggung jawab publik secara
teliti.
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial dengan sikap tegas
D. Materi Pembelajaran
1. Konseptual
Dasar-dasar pembentukan kelompok
2. Faktual
Berbagai bentuk
dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat
3. Prosedural
Karakteristik khusus atau partikularisme
dan eksklusivisme kelompok
4. Meta kognitif
Manfaat dari mengikuti suatu kelompok
sosial di masyarakat dalam hidup sehari-hari peserta didik.
E. Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, diskusi
F. Media Pembelajaran
Media
:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø e book , gambar
power point.
Ø Manusia dalam
lingkungan: guru, pustakawan, laboran, masyarakat.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop
Ø Proyeksi audio
visual: film dan bingkai (slide) bersuara
Ø Objek fisik: Benda
nyata, model,
Ø Komputer.
G. Sumber Belajar
v Buku Sosiologi Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun
2016
v Buku sosiologi
kelas XI, Yudistira 2013
v Pengalaman
peserta didik dan guru
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan
Pertama (4 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran dengan tepuk2. v Memberikan
stimulus dengan memberikan sekilas gambarantentang kelompok sosial di
masyarakat. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Dasar-dasar
pembentukan kelompok sosial v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan Inti
( 150 Menit ) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Dasar-dasar pembentukan
kelompok sosial berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Dasar-dasar
pembentukan kelompok sosial yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dasar-dasar
pembentukan kelompok sosial yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Dasar-dasar pembentukan kelompok sosial. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Dasar-dasar pembentukan kelompok sosial. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Dasar-dasar
pembentukan kelompok sosial kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik. |
2 . Pertemuan
Kedua (4 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Berbagai bentuk dan jenis kelompok-kelompok
kepentingan di masyarakat v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan Inti
(150 Menit) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Berbagai bentuk dan jenis
kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Berbagai
bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat yang baru
dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Berbagai
bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat yang baru
diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Berbagai bentuk dan jenis
kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Berbagai bentuk dan jenis
kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Berbagai
bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
3 . Pertemuan
Ketiga (4 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Konsep dan Teori Partikularisme kelompok v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan Inti
(150 Menit) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Konsep dan Teori
Partikularisme kelompok berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Konsep dan
Teori Partikularisme kelompok yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konsep
dan Teori Partikularisme kelompok yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Konsep dan Teori Partikularisme kelompok. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Konsep dan Teori Partikularisme kelompok. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Konsep
dan Teori Partikularisme kelompok kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik. |
4 . Pertemuan
Keempat (4 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Konsep dan Teori Eksklusivisme kelompok v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan Inti
(150 Menit) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Konsep dan Teori
Eksklusivisme kelompok berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Konsep dan
Teori Eksklusivisme kelompok yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konsep
dan Teori Eksklusivisme kelompok yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Konsep dan Teori Eksklusivisme kelompok. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Konsep dan Teori Eksklusivisme kelompok. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Konsep
dan Teori Eksklusivisme kelompok kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik. |
5 . Pertemuan
Kelima (4 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di
masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologi v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan Inti
(150 Menit) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Menalar tentang terjadinya
pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan
Sosiologi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme, disiplin,
rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Menalar
tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan
pendekatan Sosiologi yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Menalar
tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan
pendekatan Sosiologi yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial
di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologi. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Menalar tentang terjadinya pengelompokan
sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologi. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Menalar
tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan
pendekatan Sosiologi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik. |
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan
bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta
didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar
penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih
dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai,
kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan
format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru
terlebih dahulu.
Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan. |
50 |
|
250 |
62,50 |
C |
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
|
50 |
|||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
... |
100 |
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini
dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :
Nama yang
diamati : ...
Pengamat : ...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
450 |
90,00 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap
permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada
anggota kelompok. |
|
100 |
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
|
|||
5 |
... |
|
50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal
(Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek
Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelafalan |
|
|
|
|
|||
3 |
Kelancaran |
|
|
|
|
|||
4 |
Ekspresi |
|
|
|
|
|||
5 |
Penampilan |
|
|
|
|
|||
6 |
Gestur |
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan
orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan
jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen
penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan
berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor
yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi
diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab
pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan
masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua
tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga dst
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1)
Factor
apakah yang mendorong terjadinya kelompok sosial?
2)
Mengapa
kelompok sosial sangat diperlukan dalam pemenuhan kebutuhan?
3)
Jelaskan
proses pembentukan kelompok sosial?
4)
Syarat-syarat
apakah yang diperlukan dalam pembentukan kelompok sosial?
5)
Mengapa
dalam kelompok sosial diperlukan interaksi dan komunikasi soisal?
CONTOH
PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta
Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator
yang Belum Dikuasai |
Bentuk
Tindakan Remedial |
Nilai Setelah
Remedial |
Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal
pengayaan sebagai berikut :
Pembentukan
kelompok sosial dalam masyarakat adakalanya dapat menimbulkan konflik sosial
dalam masyarakat. Konflik ini muncul sebagai akibat adanya perbedaan
kepentingan, tujuan dan kebutuhan masing-masing kelompok. Bilakamu menjadi
salah seorang anggota dari kelompok tersebut apakahyang haruskamu lakukan untuk
meredam konflik tersebut?
Jombang,
13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala MAN 6 Jombang Guru Mata
Pelajaran
Fahmie Amrullah, S.Pd,M.Pd.I Tatik Indarwati,
S.Sos.I, M.M.Pd
NIP.
197702072005011004 NIP.198006142007102003
Catatan Kepala Madrasah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
A. Penilaian Sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
17 |
|
|
|
|
|
|
|
|
18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
19 |
|
|
|
|
|
|
|
|
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
21 |
|
|
|
|
|
|
|
|
22 |
|
|
|
|
|
|
|
|
23 |
|
|
|
|
|
|
|
|
24 |
|
|
|
|
|
|
|
|
25 |
|
|
|
|
|
|
|
|
26 |
|
|
|
|
|
|
|
|
27 |
|
|
|
|
|
|
|
|
28 |
|
|
|
|
|
|
|
|
29 |
|
|
|
|
|
|
|
|
30 |
|
|
|
|
|
|
|
|
31 |
|
|
|
|
|
|
|
|
32 |
|
|
|
|
|
|
|
|
33 |
|
|
|
|
|
|
|
|
34 |
|
|
|
|
|
|
|
|
35 |
|
|
|
|
|
|
|
|
36 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: • BS : Bekerja Sama • JJ : Jujur • TJ : Tanggun Jawab • DS : Disiplin |
Jombang,
…………………………………………………
Guru Mapel
Tatik Indarwati, S.Sos.I
LEMBAR PENILAIAN
SIKAP – DIRI
PENILAIAN DIRI |
||
Nama
: ... Kelas
: ... Kelompok
: .... Untuk
pertanyaan 1 sampai dengan 6,tulis masing-masing huruf sesuai dengan
pendapatmu! 100
= Selalu 75 =
Sering 50 =
Jarang 25 =
Tidak Pernah |
||
1 |
|
Saya memiliki motivasi
dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran |
2 |
|
Saya bekerjasama dalam
menyelesaikan tugas kelompok |
3 |
|
Saya menunjukkan sikap
konsisten dalam proses pembelajaran |
4 |
|
Saya menunjukkan sikap
disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok |
5 |
|
Saya menunjukkan rasa
percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil
diskusi |
6 |
|
Saya menunjukkan sikap
toleransi dan saling menghargai terhadap perbedaan pendapat/cara dalam
menyelesaikan masalah |
7 |
|
Saya menunjukan sikap
positip (individu dan ocial) dalam diskusi kelompok |
8 |
|
Saya menunjukkan sikap
ilmiah pada saat melaksanakan studi literature
atau pencarian informasi |
9 |
|
Saya menunjukkan perilaku
dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerja keras,
disiplin dan tanggung jawab |
7 |
Selama
kegiatan pembelajaran,
tugas apa yang kamu lakukan? ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ |
Pedoman
Penskoran : Skor 100, jika A = Selalu Skor 75, jika B = Sering
Skor 50, jika C = Jarang Skor
25, jika D = Tidak pernah
Skor Perolehan =
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
REKAPITULASI PENILAIAN DIRI
PESERTA DIDIK Mata Pelajaran : ........................................... Topik/Materi : ........................................... Kelas : ...........................................
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus: 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖 = |
No |
Pernyataan |
Sudah Memahami |
Belum Memahami |
1 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
2 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
3 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
4 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
Penilaian Sikap - Diri
setelah peserta didik selesai belajar satu KD
Topik : Kelompok Sosial
Nama : …………………
Kelas : …………………
Setelah mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan
penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai
dengan kemampuan
Penilaian Sikap - Diri
setelah peserta didik selesai belajar satu KD
Topik : Kelompok Sosial
Nama : …………………
Kelas : …………………
Setelah mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan
penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai
dengan kemampuan
No |
Pernyataan |
Sudah
Memahami |
Belum
Memahami |
1 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
2 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
3 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
4 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
Penilaian Sikap - Diri
setelah peserta didik selesai belajar satu KD
Topik : Kelompok Sosial
Nama : …………………
Kelas : …………………
(RPP)
Sekolah
:
MAN 6 JOMBANG
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester
: XI / Ganjil
Materi
Pokok : Pembentukan
kelompok sosial
Alokasi
Waktu : 5 Minggu x 4
Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati
dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional”.
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
3.1
Memahami pengelompokan sosial di
masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis. |
· Memahami proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat · Mengidentifikasi
dari berbagai sumber informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial
dalam masyarakat · Menumbuhkan
rasa ingin tahu tentang proses pembentukan
kelompok sosial dan
mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada
praktik pengetahuan untuk menumbuhkan
sikap religiositas dan etika sosial · Mengidentifikasi
data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar dari berbagai
macam sumber |
4.1
Menalar tentang terjadinya
pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan
Sosiologi. |
· Mengumpulkan
data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar dari berbagai
macam sumber · Menganalisis
data agar dapat mengklasifikasi ragam pengelompokkan sosial di masyarakat
sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokkan untuk menanamkan sikap
kesadaran diri dan tanggung jawab publik · Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi , peserta didik
diharapkan dapat:
·
Memahami proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat dengan jelas.
·
Mengidentifikasi
dari berbagai sumber informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial dalam
masyarakat secara benar.
·
Menumbuhkan
rasa ingin tahu tentang proses pembentukan
kelompok sosial dan
mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada
praktik pengetahuan untuk menumbuhkan
sikap religiositas dan etika sosial secara
benar.
·
Mengidentifikasi
data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar dari berbagai
macam sumber dengan teliti.
·
Mengumpulkan
data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar dari berbagai macam
sumber yang jelas.
·
Menganalisis
data agar dapat mengklasifikasi ragam pengelompokkan sosial di masyarakat
sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokkan untuk menanamkan sikap
kesadaran diri dan tanggung jawab publik secara
teliti.
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial dengan sikap tegas
D. Materi Pembelajaran
1. Konseptual
Dasar-dasar pembentukan kelompok
2. Faktual
Berbagai bentuk
dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat
3. Prosedural
Karakteristik khusus atau partikularisme
dan eksklusivisme kelompok
4. Meta kognitif
Manfaat dari mengikuti suatu kelompok
sosial di masyarakat dalam hidup sehari-hari peserta didik.
E. Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, diskusi
F. Media Pembelajaran
Media
:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø e book , gambar
power point.
Ø Manusia dalam
lingkungan: guru, pustakawan, laboran, masyarakat.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop
Ø Proyeksi audio
visual: film dan bingkai (slide) bersuara
Ø Objek fisik: Benda
nyata, model,
Ø Komputer.
G. Sumber Belajar
v Buku Sosiologi Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun
2016
v Buku sosiologi
kelas XI, Yudistira 2013
v Pengalaman
peserta didik dan guru
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan
Pertama (4 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran dengan tepuk2. v Memberikan
stimulus dengan memberikan sekilas gambarantentang kelompok sosial di
masyarakat. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Dasar-dasar
pembentukan kelompok sosial v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
( 150 Menit ) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Dasar-dasar pembentukan
kelompok sosial berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Dasar-dasar
pembentukan kelompok sosial yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dasar-dasar
pembentukan kelompok sosial yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Dasar-dasar pembentukan kelompok sosial. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Dasar-dasar pembentukan kelompok sosial. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Dasar-dasar
pembentukan kelompok sosial kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik. |
2 . Pertemuan
Kedua (4 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Berbagai bentuk dan jenis kelompok-kelompok
kepentingan di masyarakat v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan Inti
(150 Menit) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Berbagai bentuk dan jenis
kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Berbagai
bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat yang baru
dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Berbagai
bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat yang baru
diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Berbagai bentuk dan jenis
kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Berbagai bentuk dan jenis
kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Berbagai
bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
3 . Pertemuan
Ketiga (4 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Konsep dan Teori Partikularisme kelompok v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan Inti
(150 Menit) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Konsep dan Teori
Partikularisme kelompok berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Konsep dan
Teori Partikularisme kelompok yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konsep
dan Teori Partikularisme kelompok yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Konsep dan Teori Partikularisme kelompok. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Konsep dan Teori Partikularisme kelompok. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Konsep
dan Teori Partikularisme kelompok kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik. |
4 . Pertemuan
Keempat (4 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Konsep dan Teori Eksklusivisme kelompok v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan Inti
(150 Menit) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Konsep dan Teori
Eksklusivisme kelompok berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Konsep dan
Teori Eksklusivisme kelompok yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konsep
dan Teori Eksklusivisme kelompok yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Konsep dan Teori Eksklusivisme kelompok. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Konsep dan Teori Eksklusivisme kelompok. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Konsep
dan Teori Eksklusivisme kelompok kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik. |
5 . Pertemuan
Kelima (4 x 45 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di
masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologi v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan Inti
(150 Menit) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Menalar tentang terjadinya
pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan
Sosiologi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme, disiplin,
rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Menalar
tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan
pendekatan Sosiologi yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Menalar
tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan
pendekatan Sosiologi yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial
di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologi. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Menalar tentang terjadinya pengelompokan
sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologi. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Menalar
tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan
pendekatan Sosiologi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik. |
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan
bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta
didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar
penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih
dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai,
kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan
format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru
terlebih dahulu.
Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan. |
50 |
|
250 |
62,50 |
C |
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
|
50 |
|||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
... |
100 |
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini
dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :
Nama yang
diamati : ...
Pengamat : ...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
450 |
90,00 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap
permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada
anggota kelompok. |
|
100 |
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
|
|||
5 |
... |
|
50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal
(Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek
Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelafalan |
|
|
|
|
|||
3 |
Kelancaran |
|
|
|
|
|||
4 |
Ekspresi |
|
|
|
|
|||
5 |
Penampilan |
|
|
|
|
|||
6 |
Gestur |
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan
orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan
jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen
penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan
berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor
yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi
diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab
pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan
masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua
tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga dst
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1)
Factor
apakah yang mendorong terjadinya kelompok sosial?
2)
Mengapa
kelompok sosial sangat diperlukan dalam pemenuhan kebutuhan?
3)
Jelaskan
proses pembentukan kelompok sosial?
4)
Syarat-syarat
apakah yang diperlukan dalam pembentukan kelompok sosial?
5)
Mengapa
dalam kelompok sosial diperlukan interaksi dan komunikasi soisal?
CONTOH
PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta
Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator
yang Belum Dikuasai |
Bentuk
Tindakan Remedial |
Nilai Setelah
Remedial |
Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal
pengayaan sebagai berikut :
Pembentukan
kelompok sosial dalam masyarakat adakalanya dapat menimbulkan konflik sosial
dalam masyarakat. Konflik ini muncul sebagai akibat adanya perbedaan
kepentingan, tujuan dan kebutuhan masing-masing kelompok. Bilakamu menjadi
salah seorang anggota dari kelompok tersebut apakahyang haruskamu lakukan untuk
meredam konflik tersebut?
Jombang,
13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala MAN 6 Jombang Guru Mata
Pelajaran
Fahmie Amrullah, S.Pd,M.Pd.I Tatik Indarwati,
S.Sos.I, M.M.Pd
NIP.
197702072005011004 NIP.198006142007102003
Catatan Kepala Madrasah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
A. Penilaian Sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
17 |
|
|
|
|
|
|
|
|
18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
19 |
|
|
|
|
|
|
|
|
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
21 |
|
|
|
|
|
|
|
|
22 |
|
|
|
|
|
|
|
|
23 |
|
|
|
|
|
|
|
|
24 |
|
|
|
|
|
|
|
|
25 |
|
|
|
|
|
|
|
|
26 |
|
|
|
|
|
|
|
|
27 |
|
|
|
|
|
|
|
|
28 |
|
|
|
|
|
|
|
|
29 |
|
|
|
|
|
|
|
|
30 |
|
|
|
|
|
|
|
|
31 |
|
|
|
|
|
|
|
|
32 |
|
|
|
|
|
|
|
|
33 |
|
|
|
|
|
|
|
|
34 |
|
|
|
|
|
|
|
|
35 |
|
|
|
|
|
|
|
|
36 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: • BS : Bekerja Sama • JJ : Jujur • TJ : Tanggun Jawab • DS : Disiplin |
Jombang,
…………………………………………………
Guru Mapel
Tatik Indarwati, S.Sos.I
LEMBAR PENILAIAN
SIKAP – DIRI
PENILAIAN DIRI |
||
Nama
: ... Kelas
: ... Kelompok
: ....
Untuk
pertanyaan 1 sampai dengan 6,tulis masing-masing huruf sesuai dengan
pendapatmu!
100
= Selalu 75 =
Sering 50 =
Jarang 25 =
Tidak Pernah |
||
1 |
|
Saya memiliki motivasi
dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran |
2 |
|
Saya bekerjasama dalam
menyelesaikan tugas kelompok |
3 |
|
Saya menunjukkan sikap
konsisten dalam proses pembelajaran |
4 |
|
Saya menunjukkan sikap
disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok |
5 |
|
Saya menunjukkan rasa
percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil
diskusi |
6 |
|
Saya menunjukkan sikap
toleransi dan saling menghargai terhadap perbedaan pendapat/cara dalam
menyelesaikan masalah |
7 |
|
Saya menunjukan sikap
positip (individu dan ocial) dalam diskusi kelompok |
8 |
|
Saya menunjukkan sikap
ilmiah pada saat melaksanakan studi literature
atau pencarian informasi |
9 |
|
Saya menunjukkan perilaku
dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerja keras,
disiplin dan tanggung jawab |
7
|
Selama
kegiatan pembelajaran,
tugas apa yang kamu lakukan? ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................ |
Pedoman
Penskoran : Skor 100, jika A = Selalu Skor 75, jika B = Sering
Skor 50, jika C = Jarang Skor
25, jika D = Tidak pernah
Skor Perolehan =
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
REKAPITULASI PENILAIAN DIRI
PESERTA DIDIK
Mata Pelajaran : ........................................... Topik/Materi : ........................................... Kelas : ...........................................
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus: 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖 =
|
No |
Pernyataan |
Sudah Memahami |
Belum Memahami |
1 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
2 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
3 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
4 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
Penilaian Sikap - Diri
setelah peserta didik selesai belajar satu KD
Topik : Kelompok Sosial
Nama : …………………
Kelas : …………………
Setelah mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan
penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai
dengan kemampuan
Penilaian Sikap - Diri
setelah peserta didik selesai belajar satu KD
Topik : Kelompok Sosial
Nama : …………………
Kelas : …………………
Setelah mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan
penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai
dengan kemampuan
No |
Pernyataan |
Sudah
Memahami |
Belum
Memahami |
1 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
2 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
3 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
4 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
Penilaian Sikap - Diri
setelah peserta didik selesai belajar satu KD
Topik : Kelompok Sosial
Nama : …………………
Kelas : …………………
Setelah mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan
penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai
dengan kemampuan
No |
Pernyataan |
Sudah
Memahami |
Belum
Memahami |
1 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
2 |
|
|
|
3 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
4 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
Setelah mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan
penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai
dengan kemampuan
No |
Pernyataan |
Sudah
Memahami |
Belum
Memahami |
1 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
2 |
|
|
|
3 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
4 |
Memahami …………………………………….. |
|
|
0 comments:
Posting Komentar