Anda membutuhkan silabus sosiologi ? silahkan lihat dan anda bisa download di sini
SILABUS MATA PELAJARAN: SOSIOLOGI (PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL)
Satuan pendidikan : MAN 6 JOMBANG
Kelas /program :
XI /IPS
Kompetensi
Dasar |
Materi
pokok |
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber
Belajar |
3.1 Memahami tinjauan Sosiologi dalam mengkaji
pengelompokkan sosial dalam masyarakat 4.1 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang
pengelompokkan sosial dengan menggunakan tinjauan Sosiologi |
1.
Pembentukan kelompok sosial |
Mengamati: Mengamati proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat Mengkaji dari berbagai sumber
informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat Menanya: Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang
proses pembentukan kelompok sosial dan mendiskusikannya berdasarkan
pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan yang
menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan: Mengidentifikasi dan mengumpulkan
data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar Mengasosiasikan: Mengklasifikasi ragam
pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan bentuk
pengelompokkan Mengomunikasikan: Mempresentasikan hasil diskusi
tentang pembentukan kelompok sosial |
Tes: Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang pengelompokkan
sosial Tugas: Merumuskan kesimpulan dari hasil
pengamatan dan kajian tentang pengelompokkan sosial di masyarakat Observasi: Penilaian tentang perilaku saling
menghormati, tanggung jawab,disiplin,
toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan
pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan
baik kegiatan klasikal, mandiri, atau
kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau
disepakati bersama. |
20 JP |
Buku Sosiologi untuk SMA/MA kelas XI (Kurikulum 2013) karangan Kun Maryati dan Juju
Suryawati dari Penerbit Erlangga,yudistira
buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
3.2 Mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial yang
muncul dalam masyarakat 4.2 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi
mengenai permasalahan sosial yang muncul di masyarakat |
2.
Permasalahan sosial dalam masyarakat |
Mengamati: Mengenali berbagai permasalahan
sosial yang ada di masyarakat sekitar Menanya: Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang
berbagai permasalahan sosial di masyarakat (kemiskinan, kriminalitas,
kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui contoh-contoh nyata dan
mendiskusikannya dari sudut pandang pengetahuan Sosiologi berorientasi pemecahan masalah yang
menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan: Melakukan survey di masyarakat
setempat tentang permasalahan sosial
(kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui
observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur dengan menggunakan panduan yang telah
dipersiapkan sebelumnya Mengasosiasikan: Menginterpretasi data hasil survey
tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial
ekonomi dan ketidakadilan) dikaitkan dengan konsep keragaman kelompok sosial Mengomunikasikan: Mempresentasikan hasil survey tentang permasalahan sosial dan
pemecahannya sesuai hasil pengamatan |
Tes: Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang permasalahan
sosial Tugas: Membuat kesimpulan dari hasil
survey tentang permasalahan sosial di masyarakat sekitar Observasi: Penilaian tentang perilaku saling
menghormati, tanggung jawab,disiplin,
toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan
pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan
baik kegiatan klasikal, mandiri, atau
kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan
dan/atau disepakati bersama. |
24 JP |
Buku Sosiologi untuk SMA/MA kelas XI (Kurikulum 2013) karangan Kun Maryati dan Juju
Suryawati dari Penerbit Erlangga, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal,
koran, hasil penelitian, gambar,
diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
3.3 Memahami penerapan prinsip-prinsip
kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk menciptakan kehidupan harmonis
dalam masyarakat 4.3 Merumuskan strategi dalam
menciptakan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat berdasar prinsip-prinsip
kesetaraan |
3. Perbedaan, kesetaraan
dan harmoni sosial |
Mengamati: Mengamati perbedaan dan keragaman
sosial yang ada di masyarakat sekitar Menanya: Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang
perbedaan dan keragaman sosial dalam kehidupan masyarakat dan mendiskusikan
tentang pemecahannya berdasar
prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara dalam upaya mewujudkan kehidupan
masyarakat yang harmonis Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan: Melakukan wawancara dan atau
mengisi kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial yang ada di masyarakat dan pemecahannya
berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara untuk menciptakan
kehidupan sosial yang harmonis Mengasosiasikan: Menganalisis hasil wawancara atau
isian kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial di masyarakat untuk
menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis berdasarkan prinsip-prinsip
kesetaraan sebagai warga negara Merumuskan langkah-langkah dan
strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
berdasarkan hasil analisis Mengomunikasikan: Mempresentasikan hasil diskusi
tentang langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang
harmonis di masyarakat Merumuskan hasil diskusi untuk
dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam menyikapi dan menghormati
perbedaan sosial dan tanggungjawab sosial dalam mendorong kehidupan
masyarakat yang harmonis berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga
negara |
Tes: Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap penerapan
prinsi-prinsip kesetaraan dalam menciptakan masyarakat yang harmonis Tugas: Menemukan strategi dalam
menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis Proyek: Merencanakan, melaksanakan, dan
membuat laporan serta mempresentasikan hasil wawancara dan atau mengisi
kuesioner tentang harmonisasi masyarakat Sikap: Menilai tanggapan dan pandangan
siswa terhadap perlunya penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam masyarakat
melalui berbagai instrumen |
20 JP |
Buku Sosiologi untuk SMA/MA kelas XI (Kurikulum 2013) karangan Kun Maryati dan Juju
Suryawati dari Penerbit Erlangga, buku referensi yang relevan, majalah,
jurnal, koran, hasil penelitian,
gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
3.4 Menganalisis potensi-potensi terjadinya
konflik dan kekerasan dalam kehidupan masyarakat yang beragam serta
penyelesaiannya 4.4 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi
tentang konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya |
4. Konflik,
kekerasan, dan upaya penyelesaiannya |
Mengamati: Mengamati gejala konflik dan
kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami perbedaan antara konflik
dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang tidak terselesaikan secara
damai) Menanya: Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang
sebab-sebab/latar belakang terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta
mendiskusikannya untuk mencapai penyelesaian tanpa kekerasan Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan: Mengumpulkan data primer/sekunder
tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan penyelesaian yang
dilakukan warga masyarakat Mengidentifikasi dampak kekerasan
(fisik, mental, sosial) dari konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan
contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat
setempat Mengasosiasikan: Menganalisis dan mendiskusikan
penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian konflik (mediasi,
negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) untuk tercapainya
perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat Mengomunikasikan: Mempresentasikan hasil diskusi
tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat Merumuskan hasil diskusi untuk
dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian konflik dan kekerasan
di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa kekerasan |
Tes: Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap masalah
konflik dan kekerasan Tugas: Membuat kesimpulan tentang
timbulnya konflik dan kekerasan melalui berbagai sumber dan merumuskan upaya
penyelesaian Sikap: Menilai tanggapan dan pandangan
siswa terhadap pentingnya penyelesaian konflik dan kekerasan dalam masyarakat
melalui berbagai instrumen |
30 JP |
Buku
Sosiologi untuk SMA/MA kelas XI (Kurikulum 2013) karangan Kun
Maryati dan Juju Suryawati dari Penerbit Erlangga, buku referensi yang
relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat |
3.5 Menerapkan metode penelitian sosial berorientasi pada
pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya 4.5Merancang,
melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sosial berorientasi pada
pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya
serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual |
4 Integrasi
dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan |
Mengamati: Mengamati dan mendiskusikan upaya
integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan perdamaian dan kehidupan
sosial yang harmonis di masyarakat Menanya: Mengembangkan sikap kritis dan
kepekaan terhadap konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat untuk
menemukan faktor pendorong dan penghambat tercapainya integrasi dan
reintegrasi sosial Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan: Merancang penelitian sosial
menggunakan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi
sosial sebagai upaya menyelesaikan konflik dan mewujudkan perdamaian dan kehidupan
msyarakat yang harmonis melalui langkah-langkah seperti identifikasi
kebutuhan , analisis kepentingan dan pemecahan masalah dengan mengajukan
rekomendasi Melaksanakan penelitian sosial
berorientasi pada pemecahan masalah dengan metode pemetaan berkaitan dengan
upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk menyelesaikan konflik dan
mewujudkan perdamaian di masyarakat Mengasosiasikan: Mengolah data, menganalisis dan
menyimpulkan hasil pemetaan
tentangupaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya mewujudkan
perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat Mengomunikasikan: Menyajikan hasil pemetaan
tentang upaya integrasi dan
reintegrasi sosial sebagai upaya
penyelesaian konflik dan
mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
dalam berbagai bentuk, seperti
laporan, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual
dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca. Merumuskan hasil diskusi untuk
dijadikan bahan pembelajaran bersama dan menumbuhkan sikap serta
tanggungjawab bersama dalam melakukan integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan kehidupan yang damai di masyarakat
|
Tes: Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap pentingnya
integrasi dan reintegrasi sosial Tugas: Mengumpulkan data, mengolah dan
melaporkan hasil analisis tentang
kasus-kasus mengenai konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya
dari berbagai sumber terutama media massa Portofolio: Menilai proses dan hasil kerja
siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai
dari tahap awal sampai tahap akhir dalam menciptakan integrasi dan reintegrasi
sosial Proyek: Merencanakan, melaksanakan, dan
membuat laporan serta mempresentasikan hasil penelitian sosial berorientasi
pada pemecahan masalah berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi dalam
masyarakat Sikap: Menilai tanggapan dan pandangan
siswa terhadap pentingnya integrasi dan reintegrasi dalam masyarakat melalui berbagai instrumen
|
30 JP |
Buku Sosiologi untuk SMA/MA kelas XI (Kurikulum 2013) karangan Kun Maryati dan Juju
Suryawati dari Penerbit Erlangga, buku referensi yang relevan, majalah,
jurnal, koran, hasil penelitian,
gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
Jombang, 13 Juli 2020
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Guru Mata
Pelajaran
Fahmie Amrullah, S.Pd,M.Pd.I Tatik
Indarwati, M.M.Pd
NIP.
197702072005011004 NIP.
198006142007102003
0 comments:
Posting Komentar